Kamis, 20 Januari 2011

Wrong!



Sebuah pena menggoreskan suku persuku kata dan terciptalah kalimat indah. Mengukir sejarah dan mengungkapkan perasaan. Dari lubuk hati tidak luput juga emosi. Suatu kenikmatan yang tiada tara disetiap goresannya. Tanpa makna atau penuh makna tak jadi soal. Paragraf penuh dan gendut yang bisa dibaca tanpa arti. Biarpun tak jelas, biarpun tak dimengerti, tetaplah menjadi sebuah tulisan. Coretan pikiran dan buah karya spontanitas.

Sungguh benar adanya bila tulisan ini tidak berarti. Dan tak dipungkiri ambiguitasnya. Arahnyapun tak jelas begitu juga dengan maksudnya. Satu hal yang bisa dipahami hanyalah sebuah kalimat demi kalimat yang bersatu tanpa padu dan menjadi sebuah paragraf. Meski tak berisi tetap terlihat seperti sebuah tulisan. Dan jangan sungkan untuk menghinanya, karena memang banyak kesalahan didalamnya. Kesalahan yang sudah jelas ada dan tetap ada. Kesalahan yang tak terelakan dan tidak dihindari. Walau salah tak juga malu untuk tetap mencoba. Dan jika salah itu datang dan bertanya siapakah dirinya, maka jawabannya hanya ada jika membacanya. Walaupun salah terus bertanya, tetapi jawabannya akan tetap sama.

Memang benar tulisan ini sungguh tidak bermakna. Hanya saja tangan ini tidak berhenti untuk menekan setiap tombolnya. Tidak sungkan untuk menuliskan rangkaian kata yang salah dan tidak ada maknanya. Jika kesalahan itu tidak dapat menghentikannya. Maka kesalahan itupun tidak bermakna. Dan jari inipun tidak takut untuk menjadi bersalah.

Tidak ada komentar: